MORATELINDO SELECTION PROCESS - Sentimen Info

MORATELINDO SELECTION PROCESS




Assalamualaykum and Hello guys! Welcome to back my blog, today I am going to tell about my experience selection on MADP (Moratelindo Association Development Program). Okay please, attention to me! I began...
Ini kisahku... *Ala-ala FTV AZAB*

Sedikit gambaran saja diawal bahwa saat ini gue bekerja sebagai project management officer di PT Mora Telematika Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang infrastruktur jaringan telekomunikasi (broadband) berbasis fiber optic, simplenya ibarat swastanya Telkom. Pertama kali gue mendapatkan info bahwa ada program MADP itu dari Job Seeker WhatsApp Group alumni sekolah. Diinisiasi oleh bang Sonny terbukti adanya forum tersebut sangat membantu dalam hal informasi baik dalam hal career, growth my competence or business. Zaman now, no matter about information if you have a phone, you can get anything from internet! Manfaatkan network yang kamu punya, surrounding yourself with positive people karena itu akan sangat membantu transformasi kamu.

After I know about it, gue otomatis langsung send CV by my personal mail tentunya. Dan semua memang sudah disiapkan baik dokumen maupun format lain yang memang membuat HRD selaku pihak yang akan menghire kita tertarik because It just about offers what you have to the company. Sampai akhirnya pada tanggal 11 Juli 2018, I got invitation mail for psicology test and interview session di tanggal  13 Juli 2018 (generally, for every candidate hanya diberi spare time  between invitation date and test only about 2-3 days). Dan gue penuhi, hari itu testnya dibagi kedalam dua kelompok untuk first test yaitu psicology test. Dan alhamdulilah gue lolos (Maybe, it because I often do it). Next ke sesi yang kedua yaitu pengarahan dari HRD yang pada saat itu adalah Pak Eko. Selain pengarahan kami juga di test dengan cara self introduce pake bahasa inggris, biarpun bahasa inggris gue masih belepotan tapi gue coba beranikan diri dengan modal hafalan. Yeah I am seriously, hafalan. Karena sebelumnya gue sempet buat video CV bahasa inggris jadi doi mikirnya gue pro mungkin hehe padahal kalo ada sesi tanya jawab disitu pasti gue kikuk kaya yang udah-udah. Tapi diluar itu sesi ini mengajarkan gue kalo bahasa inggris itu memang modal yang wajib diera sekarang. So, I hope you know what should you do now? Tapi tak semudah itu ferguoso karena hasil dari test ini tidak langsung diumumkan karena yang menilai ialah user (mentor masing-masing departement biasanya selevel manager keatas).

And then when I get home, someone invited me to join a WhatsApp group. 
Gue gak tau awalnya, group apalagi nih? Gak taunya temen-temen yang di sesi test terakhir tadi. Dan cerita barupun dimulai..., day by day, week by week, month by month kita semua menunggu namun tak kunjung ada kabar juga. Hingga mulai banyak yang berspekulasi, "mungkin kita semua gak pada lolos ya?", "mungkin udah ada kandidat lain?", "mungkin projectnya gagal jadi kita ga jadi direkruit"? dll. Akhirnya mereka hopeless dan berpindah haluan, seperti fira dan aput yang tadinya paling antusias akhirnya berpindah hati karena ada better offer dari perusahaan lain. Begitupun gue dan Ilham yang kini bagian legal, kita berduapun sudah tidak berharap banyak.

Namun dipertengahan bulan okober kemarin muncul kejutan kalo gue diundang untuk sesi interview dengan spare waktu yang seperti biasanya, jujur hati rasanya sudah tidak seantusias dulu. Namun justru ini yang mengontrol semuanya. Dan dengan waktu yang ada gue coba optimalkan. Dihari H gue melaksanakan sesi ini bersama pak Nofiyanto selaku Project Manager di perusahaan ini. Namun aktualnya saya diinterview oleh 3 orang 😂 makin tawakal gue. Disesi ini gue coba jelasin anything about project yang gue tau base on knowladge gue dari semasa kuliah, dan gue bilang juga secara experience gue ga ada. Namun diakhir sesi user yang salah satunya pak Nofiyanto meyampaikan kepuasannya terhadap performance gue terutama cara menganalogikan gue dala sebuah case dan mereka bilang cocok. Hanya saja memang gue dapet some challange kaya perlu belajar hardware, dicipline, berani ketemu orang, jangan nonton YouTube mulu dan nonton bokep dikantor dll. Serously, mereka ngomong gitu 😅 But, that's okay no problem. I accepted this challenge. And at this moment I already aware, kalo interview itu salah satu faktornya adalah first impression diawal. Biarpun user tapi dia ga selalu ngeliat dari sudut pandang teknis. Namun kembali terkait untuk kepastiannya dan hasilnya tidak disampaikan saat itu juga melainkan nanti akan di infokan melalui user. Back to realityday by day, week by week, month.... eh engga deh kali ini ga sampai month by month saya sudah mendapat kabar dari pihak recruitment kalo ternyata alhamdulilah saya lolos dan layak lanjut ke final step yaitu sign offering letter.

Honestly, I am happy to hear that. Tapi disisi lain gue yang paling lama memutuskan. Setelah cukup lama menimbang-nimbang akhirnya gue putuskan untuk ambil kesempatan disini sebagai project management officer yang berarti resign dari kantor lama, oh man It was a sad day when I should leave. I’m wishing you all the best moving forward, guys. And, thanks again for being a part of making my time here at Indesso Aroma such a great one! I'll definitely miss that moment.

Rasa penasaran dan keingitahuan yang besar merupakan awal dari sebuah petualangan baru. Bismillah, semoga ditempat baru ini gue bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya, membuat jaringan seluas-luasnya, tambah disiplin, tambah tau megenai makna dari hidup gue, tambah nyenengin orang tua dan agamanya semakin baik. Aamiin...

Demikianlah cerita tentang pengalaman gue, bisa masuk ke perusahaan ini. Kalo kalian selama ini merasa capek, do not complain! Nikmati setiap proses yang dilewati, I always ask for advice to my dad like "Gimana pak kalo aku gak dapet-dapet, kerjaan. Kan aku gak punya koneksi orang dalem" and he just said "Orang lain boleh punya koneksi, tapi kamu punya Allah yang lebih besar dari semua koneksi itu".

Kalo pada akhirnya kalian belum diberi kesempatan, percayalah banyak hal baik yang menunggu kalian diluar sana. It's important point, whatever your job recently or your career later. Sekecil apapun bagiannya make the best of it dan jadikan itu passion kalian karena dengan passion rasa antusias kalian pasti akan berkali-kali lipat dan itu bagus untuk performance kalian.

For your information, kalo kalian mau tau seperti apa kemeriahan pas opening ceremony nya bisa dilihat video dibawah ini.

And don't forget to leave a thumbs up, comment, share and subscribe if you enjoyed it and your love don't below.

I thank you so much for reading this article until the next time thinks strong always I'll talk to you guys again. very soon bye 😉 #MADP2 #genexcellent #moratelindo

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content