IMPORT FROM UNDIPLOMATIC COUNTRIES


Hallo good people, pernahkah anda membutuhkan suatu item yang diimport dari negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia contohnya Israel. Sebagai seorang muslim tentu saya sendiri mengalami hal yang dilematis saat harus mengerjakan project seperti ini, terhimpit diantara professionalitas dan juga kemanusiaan. 

Namun bagaimanapun di Indonesia sendiri cukup banyak barang-barang yang diimport dari sana dan biasanya barang yang dikirm merupakan barang dengan high quality grade seperti contohnya VSAT (very small aperture terminal). Ada beberapa point yang harus dipahami saat ingin melakukan import barang seperti ini, yaitu:
  1. Karena tidak memiliki hubungan diplomatik maka tidak bisa dilakukan direct import langsung ke Indonesia. Ada beberapa opsi, namun biasanya dilakukan rebranding pada product di negara yang punya hubungan diplomatik dengan Israel seperti Singapore or Phillipines. So that the certificate of origin atau yang biasa disebut COO bisa terbit.
  2.  Payment process jangan langsung didirect ke negara tersebut, sebaiknya menggunakan process transaksi yang use-friendly seperti payment gateway atau mungkin ada yang pernah dengar paypal? Nah seperti itulah. Karena kalo tidak, bersiaplah dipanggil BI untuk di interview terkait transaksi yang dilakukan.

Terlepas dari culture kita yang mostly masyarakatnya anti terhadap negara tersebut karena konflik yang terjadi di timur tengah. Kita tidak bisa menampik fakta bahwa masih banyak produk-produk disini yang ternyata merupakan produksi negara tersebut, bahkan bisa jadi salah satunya ialah produk yang kita konsumsi sehari-hari. Setelah ini keputusan ditangan anda sendiri, akan digunakan untuk apa informasi kali ini. Apakah akan dilihat dari sudut pandang profesionalitas ataukah kemanusiaan? Sekian, see you next article 😉

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content