INTEGRITY PACT IN PROCUREMENT CASE

Hi good people! In advance, I wanna say happy vesak day to all buddhist! And today's I'm going to talk about procurement case, masih soal case di procurement. Beberapa hari lalu saya sempat mendapatkan pertanyaan disalah satu forum. Apakah disetiap selesainya proses pengadaan dibuatkan pakta intregitas? Atau hanya berdasarkan jenis pekerjaan dan nilai pekerjaan saja?

Sebelum menjawab, kita harus tahu dulu apa itu pakta integritas. Pakta Integritas (Integrity Pact) adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme (http://www.wikiapbn.org/).

Pakta Integritas sendiri dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas. Mengenai regulasinya tentu disesuaikan, beda kebijakan antara pemerintah dan swasta itu pasti. Bedanya ialah:

  • Pemerintah

Proses ini dilakukan diawal Setelah ditunjuk sebagai vendor pelaksana pekerjaan, langsung dibuatkan pakta integritas dan yang menandatangani adalah para pihak yang terlibat dalam proses pengadaannya yaitu setiap purchase order ataupun kontrak. Tidak melihat berapa nilai purchase order ataupun projectnya. Jadi setiap vendor dalam sektor ini wajib diberikan pakta integritas.

  • Swasta

Pengadaan swasta tidak ada ketentuan yang mengharuskan memakai pakta integritas namun ada juga regulasi dimana vendor harus tanda tangan Code of Conduct pada saat tahap vendor registrasi. Tahapan ini dilakukan hanya diawal pada saat pendataan rekanan atau vendor list dan secara berkala diupdate. Kebijakan seperti ini saya lihat juga diterapkan di beberapa perusahaan lain tetapi ada juga yang menerapkan berbeda. Adapun strategi yang biasanya dilakukan ialah pada halaman belakang purchase order atau kontrak terdapat beberapa note perihal pengadaan seperti delivery procedure, punishment, code of conduct etc. Jadi pada saat tanda tangan purchase order atau kontrak diasumsikan juga menyetujui conditions tersebut. Nah, jadi bisa katakan  kalau di swasta tergantung kebijakan dan prosedur yang berlaku ya good people.

Enjoy your day and see you next time! ­čśÄ

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content