AVOID SUSPICIOUS TRANSACTION IN PURCHASING CASE

Morning good people! Kali ini masih mengenai case seorang procurement, beberapa hari yang lalu saya mendapat sebuah pertanyaan yang umum namun cukup sulit untuk dijawab yaitu mengenai bagaimana cara kita selaku purchasing & procurement bisa melakukan pembelian dengan baik dan efektif tanpa adanya isu atau kecurigaan adanya permainan under table and fee pada prosesnya?
Pada kasus ini tentu ada beberapa kunci yang harus dipenuhi diantaranya yaitu:

1. Mengontrol Resiko dengan Policy
Policy tersebut meliputi dokumen SOP, code of conduct, integrity statement letter, pakta integritas anti korupsi dan juga termasuk mengatur masalah entertainment and gift apakah hal tersebut masuk ke dalam dugaan gratifikasi itu harus ditentukan diawal.

2. Back Up
Usahakan selalu ada back up pada saat negosiasi entah dalam bentuk MOM, screen shot sms/ WhatsApp atau email. Apabila komunikasi by email cc atasan namun jika face to face ajak teman kerja. Back up ini akan berguna saat ada audit atau difficult question. Begitupun kemungkinan akan dituduh ini itu tetap akan terjadi, dalam hal ini abaikan saja selama atasan trust terhadap kita

3. Attitude is everything
Bersikaplah professional pada vendor dan maintain hubungan baik tapi dengan limit tertentu. Beberapa vendor akan mencoba approach Anda tapi jika Anda professional dan transparan mereka tahu diri kok. Karena pada dasarnya kita juga tidak bisa guaranteekan all clean, karena yang tahu bagaimana faktanya hanya orang yang bersangkutan dan tuhan tahu. Tapi seperti peribahasa, sepandai pandai tupai melompat suatu saat kemungkinan jatuh juga. Tetapi buat saya pribadi selama approved nya berjenjang, lampiran PO (Purchase Ordernya) nya lebih dari 3 suplier dan harga perkiraan pasar mendekati. Tidak ada yang perlu dirisaukan sebetulnya.

4. Catat semua hal yang pernah ditawarkan vendor ke Anda dalam log book khusus untuk back up in case ada fitnah. Diawal karir anda dianjurkan untuk memperbanyak log book seiring berjalannya waktu log book itu akan  zero. And now, you can work without log book! Why? karena lama kelamaan vendor akan tahu reputasi Anda.

5. Jika Anda jujur maka tidak ada sama sekali yang perlu dikuatirkan karena basically Anda have nothing to worry.

And the last statement,  Pedoman hidup kita sederhana, jangan bawa uang haram mengalir didalam darah tubuh anak-anak kita. Setiap pulang kerumah dan makan kita tahu apa yang kita makan dirumah bersama keluarga itu adalah hak kita. Jadi meskipun orang lain menuduh kita korupsi (selama kita professional), I don't care! Yang terpenting client utama kita percaya ke kita. Because, our primary client is our Boss.

Hanya prinsip hidup yang demikian sebetulnya yang bisa jadi penguat diantara banyaknya godaan yang ada. Terimakasih

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content