ASSET DISPOSAL, WHEN AND HOW?

Hallo! Welcome back to my blog, kali ini kami akan coba sharing salah satu pengalaman member kami yang beliau bekerja sebagai bagian procurement. Berikut case yang dia hadapai, apa yang bisa dilakukan seorang procurement jika ada beberapa asset yg diminta untuk disingkirkan atau dimusnahkan oleh user, dimana menurut F&C (Finance and Accounting) masih mempunyai nilai asset karena apabila dimusnahkan maka akan impact ke site cost.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:
  1. Write of dari inventory, which is perlu membuat berita acara pemusnahan asset yang terdiri dari user/ pemilik asset
  2. Send to lay down dengan warehouse sebagai pengelola asset and finance
  3. Usahakan jual jika masih mempunyai nilai jual, jika tidak maka jual sebagai scrap sale it as it! jika material tidak punya nilai jual sebagai scrap, berikan ke pihak ke tiga yang membutuhkan sebagai bagian CSR (segala procedure harus dilalui) sebagaimana yang pernah saya lakukan.
  4. Setelah itu baru dihapus dari pembukuan

NOTE: By the way jika bagian Finance menilai asset tersebut masih memiliki nilai jual berarti ini masih object audit (karena konsep berpikir orang Finance semua punya nilai jual, beda kepentingan itu biasa)

Sekian, semoga bisa menambah wawasan anda. See you again

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content