WHAT THE DIFFERENCE BETWEEN PROCUREMENT AND PURCHASING?

Hi sobat Blogger! What do you do? Pada kesempatan ini kami akan coba membagikan informasi mengenai perbedaan fungsi dari dua divisi di perusahaan. Pernah kah anda mendengar kata procurement dan purchasing, kenapa ada dua istilah tersebut di bidang pekerjaaan saat ini, untuk mempermudah kita kategorikan, yaitu:

  • Berdasarkan Ruang Lingkup,


Procurement (pengadaan barang) melingkupi Purchasing, Expediting  and Traffic. Yang artinya lingkup procurement lebih luas, sedangkan Purchasing hanya melingkupi pembelian barang dimana purchaser membeli barang dengan meminta penawaran dari vendor, melakukan negosiasi dan akhirnya membuat PO (Purchase Order). Setelah itu tugas purchaser selesai, hanya sampai disitu.

Hal yang penting diperhatikan seorang purchaser adalah budget, seorang purchaser harus mengetahui budget atau kisaran harga dari barang yang ia beli sehingga ia dapat melakukan negosiasi dengan baik.

Dengan ini sudah jelaskan, kenapa lingkup procurement lebih luas? Karena selain purchasing adalah bagian dari procurement, terdapat istilah expediting dan traffic di procurement. Berikut penjelasannya:

- Expediting,

Bertugas untuk memonitor dan memastikan spesifikasi, quantity, deskripsi, dan hal-hal yang berkaitan dengan PO (Purchase Order) sesuai dengan kontrak atau SPK (Surat Perjanjian Kerja). Jadi tugas expediter dimulai pada saat PO dibuat sampai material sampai di site (lapangan) dan seorang expeditor yang baik harus dapat membuat weekly report terkait status material tersebut. Seorang expeditor akan sering sekali berhubungan dengan vendor karena ia harus mengetahui status material.

- Traffic

Bertugas untuk melakukan koordinasi dengan forwarder (Penyedia Jasa Transportasi) untuk melakukan pengiriman material ke site. Tugas dari seorang traffic adalah melakukan pengiriman dan memastikan barang aman dikirim hingga ke site.

Demikian penjelasan singkat saya, may be useful!

We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content