STAFF SUPPORTING FUNCTION - Sentimen Info

STAFF SUPPORTING FUNCTION


Hi there! Whats up? I hope you’re doing well. Kali ini kita akan bahas mengenai apa itu Supporting Staff (SS)? Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena selain Officer Development Program (ODP), SS ini merupakan kesempatan yang paling sering ditawarkan khususnya bagi para fresh graduate. Jadi tentu ini merupakan isu yang menarik bukan untuk para netizen? Okay, Supporting Staff sendiri ada 2 macam yaitu Administration Supporting Staff (ADS) and Business Support Staff (BSS). Pada dasarnya SS itu sama yaitu ditempatkan pada bidang yang menunjang Operasional Back Office yang membedakan antara SS-ADS dan SS-BSS adalah grade yang berimbas pada salary, allowance, etc. SS-ADS sendiri saat pertama kali masuk berada pada grade 9 dan SS-BSS grade 11.



Tugas dan peran supporting staff dalam sebuah organsasi

Supporting Staff baik itu ADS dan BSS gradenya dibawah Officer Development Program (ODP) dan perbedaan salary cukup jauh tetapi tahapan tes sendiri memang berbeda dan kualifikasinya berbeda. SS sendiri, jiks bicara persoalan salary setara dengan D3 sedangkan ODP berada pada tingkat pendidikan S1. Tapi di BTN sendiri dari SS pun kita bisa menjadi ODP lewat proses seleksi internal atau biasa disebut ODP Internal yang dapat kita ikuti jika kita sudah berada pada grade 12.

Sekarang kita bahas tentang tahapan seleksi Supporting Staff (ADS dan BSS). tahapan tes SS sendiri tidak berbeda jauh dengan tes ODP, yang membedakan adalah pada TOEFL dan TPA yang tidak ada di seleksi tes SS. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Administrasi
Pada tahap ini diminta beberapa berkas seperti CV, degree certificate, academic transcript, current passport photo, etc. Semua sudah di-convert dalam bentuk PDF (soft copy).

2. First Interview
Dalam tahap tes ini, berikanlah pandangan yang baik pada penginterview with clothing as perfect as possible and a good attitude. Mulailah yakinkan para penginterview oleh language, speech, and your body language.



3. Tes Kompetensi Teknis
Ini adalah tes pengetahuan mengenai bank secara umum, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, dan pengetahuan mengenai Indonesia terkini.

4. Tes Psikologi
Tes Psikologi akan mudah dan tenang dijalani bila Anda paham dari tujuan tes ini, bahwa dalam tes ini akan berhadapan dengan berbagai soal, seperti Wartegg Test, Pauli-Kraepelin Test, logika gambar, menggambar pohon, menggambar orang, dan mengisi ratusan soal yang menggambarkan mengenai diri Anda.

5. Interview User
Setelah berhasil melewati Tes Psikologi, Anda akan menjalani Interview User. Di sana, kita dikumpulkan dalam satu ruangan dan satu-persatu akan diinterview di ruangan khusus.

6. Tes Kesehatan
Ya seperti tes kesehatan pada umumnya. Tes Urine, jantung, mata, dll.

Semoga bisa membantu untuk pencerahan anda yang sedang atau akan menjalani Suporting Staff test khususnya. Menurut hasil survey team dari Sentimeninfo, mengenai salary setahun rata-rata bisa memperoleh minimal 12 kali gaji pokok plus tunjangan jabatan dan bonus bisa mencapai 6 kali gaji pokok, dan ada beberapa bonus dan tunjangan lainnya. Untuk jenjang karir terbuka untuk semua staff tergantung performance kita pastinya dan kesempatan ini membuka jalan untuk setiap kandidat berada di jajaran manager.


We Are Member of:

Industrial Engineering:

Blog:

Attention for every visitor!

Silahkan like, comment, share and subscribe sebagai bentuk dukungan agar kita bisa terus membagikan informasi yang yang berguna untuk semuanya. Karena satu klik saja akan sangat berarti bagi kita. -Arif (Founder Sentimen Info)

We are supported by

Instagram Content